Psikologi Warna

Tulisan ni diambil dari beberapa situs mengenai psikologi warna…

Psikologi warna…. pastinya pernah dengar kan kata-kata ini, secara pribadi saya juga pernah mendengar kata psikologi warna, tapi tidak pernah terpikirkan dalam benak saya tu untuk lebih mendalami psikologi warna tersebut. Kemarin ada mata kuliah PR dan Promosi perpustakaan, dan ada sedikit menyinggung mengenai psikologi warna… menarik sekali karna paling tidak kita bisa belajar mengetahui bagaimana karakter seseorang dari warna favoritenya… selain itu kita juga bisa belajar mengenai karakter seseorang dari jenis channel TV yang sering dia tonton… awalnya aneh sih kedengarannya, tapi lama-lama asyik juga lho… jadi paling tidak kita tidak perlu menanyakan banyak pertanyaan kepada orang lain untuk mendapatkan suatu umpan balik seperti yang kita harapkan karna terkadang orang lain tidak jujur dengan apa jawaban apa yang mereka katakan, tetapi dengan mengetahu hobby, jenis channel TV yang sering dia tonton paling tidak kita bisa mendapatkan suatu jawaban yang murni, bukan hanya rekayasa saja… Menarik bukan? hehehehe🙂

Ada beberapa artikel yang saya download mengenai psikologi warna, mudah-mudahan tulisan ini bisa membantu kita untuk lebih mengetahui arti warna, karna sudah pasti setiap orang pasti memiliki 1 atau 2 warna yang paling dia suka. Mari kita melihat bagaimana karakter kita dengan warna favorite kita, apakah persis dengan karakter kita atau…..🙂

Ahli fisiologi dan psikologi menjelaskan ada empat warna primer : merah, hijau, kuning dan biru. Walaupun tidak diketahui secara pasti mengapa orang-orang menyukai warna dan kombinasi warna tertentu. Tetapi yang jelas, setiap warna mempunyai karakter atau sifat yang berbeda-beda. Bahkan sejak dahulu warna diketahui mempunyai pengaruh terhadap manusia, namun baru belakangan ini penggunaannya telah dimanfaatkan secara meluas dalam dunia otomotif, busana, permainan dan sebagainya.

MERAH
Merah:
Warna ini melambangkan keadaan psikologi yang mengurangkan tenaga, mendorong makin cepatnya denyut nadi, menaikkan tekanan darah dan mempercepat pernafasan. Warna ini mempunyai pengaruh produktiviti, perjuangan, persaingan dan keberahian.

1.Merah Terang :
Warna ini melambangkan kekuatan kemahuan atau cita-cita. Sifatnya : Agresif, Aktif, Eksentrik. Pengaruhnya : Berkemauan keras, penuh gairah, dominasi, jantan.

2.Merah Jambu :
Warna ini melambangkan romantisme, feminim. Warna ini mempunyai sifat menuntut dalam kepasrahan, menggemaskan dan jenaka.

BIRU
Warna ini melambangkan ketenangan yang sempurna. Mempunyai kesan menenangkan pada tekanan darah, denyut nadi, dan tarikan nafas. Sementara semua menurun, mekanisme pertahanan tubuh membangun organisme.

1.Biru Tua :
Warna ini melambangkan perasaan yang mendalam. Sifatnya : Konsentrasi, kooperatif, cerdas, perasa, integratif. Pengaruhnya : Tenang, Bijaksana, Tidak Mudah Tersinggung, Ramai kawan.

2.Biru Muda :
Warna ini melambangkan keanjalan dari cita-cita. Sifatnya : Bertahan, Protektif, Tidak Berubah fikiran. Pengaruhnya : Keras Kepala, Teguh, Sering Bangga Diri, Berpendirian tetap.

KUNING
Warna ini melambangkan kegembiraan. Warna ini mempunyai sifat : Leluasa dan santai, senang menunda-nunda masalah. Berubah-ubah tapi penuh harapan, mempunyai cita-cita setinggi langit dan semangatnya juga tinggi.

1.Kuning Terang :
Warna ini melambangkan sifat spontan yang eksentrik. Sifatnya : Toleran, Investigatif, Menonjol. Pengaruhnya : Berubah-ubah sikap, berpengharapan, dermawan, tidak percaya.

HIIJAU
Warna ini melambangkan adanya suatu keinginan, ketabahan dan kekerasan hati. Mempunyai kepribadian yang keras dan berkuasa. Warna ini mempunyai sifat : meningkatkan rasa bangga, perasaan lebih superior dari yang lain. Orang yang menyukai warna ini umumnya senang dipuji, senang menasihati orang lain.

ABU-ABU & HITAM
1.ABU-ABU :
Warna ini tidak menunjukkan erti yang jelas. Tidak terang dan sama sekali bebas dari kecenderungan psikologi. Warna ini cenderung neutral.

2.HITAM :
Warna ini melambangkan kehidupan yang terhenti dan kerananya memberi kesan kehampaan, kematian, kegelapan, kebinasaan, kerosakkan dan kepunahan.

COKLAT & UNGU
1.COKLAT :
Warna ini seringkali menunjukan ciri-ciri : suka merebut, tidak suka memberi hati, kurang toleran, pesimis terhadap kesejahteraan dan kebahagian masa depan.

2.UNGU :
Warna ini adalah campuran warna merah dan biru yang melambangkan sifat Gempuran Keras yang dilambangkan oleh warna biru. Perpaduan antara keintiman dan erotis atau menjurus pengertian yang mendalam dan peka. Sifatnya sedikit kurang teliti tetapi selalu penuh harapan.

Semoga tulisan ini bermanfaat…..

Daftar Bacaan :
———-. Mengenal Efek Psikologi Warna. Diakases dalam situs: http://www.kuncirumah.com/article-a-tips/50-mengenal-efek-psikologi-warna.pdf. Pada tanggal 5 November 2009

———-. Psikologi. Diakses dalam situs: http://iit111.student.umm.ac.id/category/psikologi-warna/. Diakses pada tanggal 5 November 2009

———-. Pilih Warna : Rahasia Psikologi Arti Warna. Diakses dalam situs: http://www.f-buzz.com/2009/02/27/pilih-warna-rahasia-psikologi-arti-warna/. Diakses pada tanggal 3 November 2009.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s