Publishing An E-Journal

Perkembangan sains dan teknologi sekarang ini telah berada pada tahapan yang memungkinkan manusia melakukan aktivitasnya secara lebih efektif dan efisien. Capaian seperti ini, khususnya dapat didapat dari aplikasi teknologi informasi modern yang memungkinkan para pekerja (Information Worker) untuk melakukan pemrosesan dan pemanfaatan informasi secara lebih mudah, cepat dan dengan jangkauan akses yang lebih luas.
Seiring dengan perkembangan teknologi informasi dengan basis komputer elektronik sebagai komponen utamanya maka produktivitas proses pengelolaan informasi dapat dimaksimalkan. Proses pengelolaan data/informasi dimaksud, meliputi kegiatan akuisisi data, pengorganisasian data dalam suatu basis data, proses pencarian dan temu kembali (Searching), sampai dengan pemanfaatan informasi untuk pembuatan keputusan manajemen. Pada tahapan lanjut, diharapkan dapat dilakukan suatu metode pengelolaan pengetahuan (Knowledge Manajement) secara komprehensif dalam mendukung program preservasi pengetahuan.

Electronik publication adalah istilah yang merujuk kepada penerbitan dokumen dalam media elektonik seperti Webzine, e-journal, web megazines dan electronic newspapers.
1. Webzine
Ada beberapa karateristik dari webzine, diantaranya adalah : Majalah dengan versi yang lebih pendek, Ditulis oleh dan untuk fans like fanzines, Seringnya hanya 1 penulis

2. E-Journal
Sebuah Journal adalah serial. Serial dapat didefenisikan sebagai sebuah publikasi dalam media apapun yang dikeluarkan dibagian berturut-turut, biasanya memiliki angka atau kronologis sebutan dan dimaksudkan untuk dilanjutkan tanpa akhir yang telah ditentukan. E-Jurnal adalah publikasi jurnal yang sudah dikemas dalam bentuk digitalisasi. Mengapa jurnal? Karena fungsi jurnal adalah melestarikan ilmu pengetahuan dengan cara mendata dan menyebarkan yang talah peer-review oleh ilmuan.Ada beberapa karateristik e-journal, diantaranya adalah :1) E-journal adalah jurnal, biasanya ilmiah, yang dapat dibaca dalam bentuk elektronik, 2) Kategori lebih rinci dapat dibuat, misalnya scientific dan popular-scientific, 3) Didalamnya berisi artikel-artikel oleh berbagai pengarang, 4) Sebagai referensi alternative, aplikasi dan implementasi dalam dunia maya, 5) Merupakan full text jurnal, 6) ISSN.

Istilah-istilah yang sering digunakan didalam e-jurnal adalah e-journal, online journal, internet journal, cyber journal dan ezeithschrift.
Ada beberapa model-model e-jurnal, diantaranya adalah : 1) E-journal yang coexist bersama versi cetak, 2) E-journal sebagai pengganti versi cetak, 3) E-journal memiliki nilai tambah, tetapi menjadi coexist dengan versi cetak, 4) Versi cetak lengkap dengan ditambah abridged e-version, 5) E-journal saja, 6) E-journal dilengkapi dengan artikel individual, 6) E-version terbit setelah versi cetak

Sedangkan features e-journal adalah : Full text, Back issues –pre-web, PDF Files, HTML Files, Advanced search features, References linked dengan full text dan artikel terkait, , Tambahan warna, Diperluas dengan akses ke data mentah, Graphic, video dan suara bila perlu, Ada info help, Alerting, Usage statistic untuk pustakawan.

Tahun 1990-an e-journals masih dalam tahap eksperimental dan masih sesuatu mimpi, tapi sekarang terbukti semua itu bukan lagi mimpi telah menjadi kenyataan diluar negeri seperti EBSCO, OCLC, PROQUEST, I-GROUPS adalah perusahaan-perusahaan yang mengelola informasi jurnal menjadi lebih menarik dan mudah diakses.
Perangkat lunak yang sering dipakai untuk mebangun e-journal biasa disrbut dengan e-publishing system. Beberapa contoh open source electronic publishing system yang banyak digunakan adalah : 1) Open Journal System (British Colombia and Simon Fraser University), 2) DPubS (Digital Publishing System) (Cornell and Penn State), 3) GNU EPrints (University of Shoutampton) 4) Hyperjournal (Net7 and Univeristy of Pisa)

Dengan adanya e-journal ada beberapa harapan dari para konsumerisme (Pembaca) dan juga pengarang.
Harapan Konsumerisme (Pembaca) adalah : Content meningkat ( Critical mass, lebih banyak warna dan tambahan data), Fungsinya meningkat, Akses tak terbatas, Akses ke edisi lama dan baru, Ada link, dan Abstark full text
Sedangkan harapan pengarang adalah : Quality imprint, Nama journal, Authoritas, Visibilitas meningkat, Layanan pengarang lebih baik, Responsif, Waktu publikasi lebih cepat

3. Web Megazine
• Informative
• Artikelnya Original
• Majalah mainly dan static dan tidak berubah saat diterbitkan
• Tampilannya dapat diidentifikasi
Dengan adanya elektronik publication ini, banyak manfaat yang diperoleh didunia perpustakan, diantaranya adalah :
1. Sistematika informasi dimana pengelolaan lebih sistematis
2. Tingginya akses informasi katalog online untuk mendapatkan informasi dari berbagai sumber
3. Komunikasi dua arah atau searah
4. Dapat menyimpan data pada web dari e-mail
5. Pengguna dapat belajar dan mencari sendiri informasi yang dibutuhkan

Kesimpulan
Dengan adanya koleksi e-publication di perpustakaan diharapkan dapat mendukung terciptanya masyarakat Indonesia yang berbasis pengetahuan. Harapan ini dapat tercapai apabila informasi berbagai karya ilmuah dapat diakses secara nasional bahkan internasional. Selain itu diharapkan perpustakaan dapat lebih meningkatkan layanan informasi baik seecara fisik maupun virtual dalam hal penerbitan karya-karya ilmiah dengan cara yang mudah dan murah. Harapan terakhir dengan adanya sarana baru ini dapat menunjang pendidikan dan penelitian.

DAFTAR PUSTAKA

http://blog.uny.ac.id/hermansurjono/files/2009/09/Pengembangan-e-journal-herman-d-surjono-uny.pdf : diakses pada tanggal 14 November 2009

http://sms.unikom.ac.id/lib/y.php?/journal/id/14/ : diakses pada tanggal 14 November 2009

http://digilib.batan.go.id/e-jurnal/main.php : diakses pada tanggal 16 November 2009

http://www.pustaka-deptan.go.id/publikasi/pp142051.pdf : diakses pada tanggal 16 November 2009

Ida Fajar Priyanto : Publishing An E-Journal, dipresentasikan pada mata kuliah isu-isu muktahir perpustakaan dan informasi pada tanggal 28 Oktober 2009

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s