Menulis Yuk…!!

Suka Menulis???
Yuk, Ikuti Lomba Ini!

I. Latar Belakang
Membaca pada era globalisasi informasi ini merupakan suatu keharusan yang mendasar untuk membentuk perilaku seorang siswa. Dengan membaca seseorang dapat menambah informasi dan memperluas ilmu pengetahuan serta kebudayaan. Tetapi tanpa adanya minat, siswa tidak akan tertarik untuk membaca. Minat merupakan faktor yang sangat penting yang ada dalam diri setiap manusia. Meskipun motivasinya sangat kuat, tetapi jika minat tidak ada tentu kita tidak akan melakukan sesuatu yang memotivasi kita. Begitu pula halnya kedudukan minat dalam membaca menduduki tingkat teratas, karena tanpa minat, seseorang akan sukar melakukan kegiatan membaca.

Minat membaca adalah kemauan dan keinginan seseorang untuk mengenali huruf dan dapat menangkap makna dan tulisan tersebut. Mengartikan minat membaca adalah suatu perhatian yang kuat dan mendalam disertai dengan perasaan senang terhadap kegiatan membaca sehingga dapat mengarahkan seseorang untuk membaca dengan kemauannya sendiri. Minat membaca juga diartikan sebagai sikap positif dan adanya rasa keterikatan dalam diri terhadap aktivitas membaca dan tertarik terhadap buku bacaan. Minat membaca meliputi perasaan senang terhadap buku bacaan, kesadaran akan manfaat membaca, jumlah buku bacaan yang pernah dibaca, dan perhatian terhadap buku bacaan.

Tidak diragukan lagi, bahwa membaca merupakan sarana penting bagi setiap orang yang ingin maju. Begitu pula dengan para pelajar, membaca merupakan suatu keharusan untuk meningkatkan tidak hanya pengetahuan tetapi juga hasil belajar. Karena dengan membaca membuat mereka menjadi cerdas, kritis dan mempunyai daya analisa yang tinggi. Dengan membaca selalu tersedia waktu untuk merenung, berfikir dan mengembangkan kreativitas berfikir.

Tidak dapat disangsikan lagi bahwa penanaman kebiasaan membaca harus dimulai pada usia dini, dan tidak dapat disangsikan pula bahwa sekolah merupakan tempat yang sangat tepat untuk memupuk minat dan kebiasaan membaca bagi anak-anak. Salah satu dukungan yang dibutuhkan untuk menumbuhkan minat baca siswa adalah peran guru. Guru perlu memotivasi siswa untuk mencintai buku sejak awal. Karena itu upaya pengembangan/peningkatan minat dan kebiasaan membaca juga diadakan di sekolah-sekolah.

Kegiatan-kegiatan untuk meningkatkan minat dan kebiasaan membaca siswa antara lain: penyelenggaraan jam-jam cerita di perpustakaan sekolah, pemberian tugas membaca, pemberian tugas pembuatan abstraksi, pemotivasian penyelenggaraan majalah dinding, penyelenggaraan lomba membaca, penyelenggaraan lomba pembuatan kliping, pemotivasian penerbitan majalah atau buletin sekolah, penyelenggaraan pameran buku yang dikaitkan dengan peringatan hari-hari besar nasional dan agama, penugasan siswa membantu pustakawan di perpustakaan sekolah, penyelenggaraan program membaca, dan pemberian bimbingan teknis membaca.

Untuk meningkatkan kebiasaan membaca siswa, maka Perpustakaan Sekolah Athalia akan menyelenggarakan lomba menulis, yaitu : Lomba Menulis Resensi Novel Baru dan Novel Terjemahan”.

II. Tema Lomba
Tema lomba : bebas (Persahabatan, Keluarga, Impian, Percintaan dan lain sebagainya).

III. Tujuan Lomba
Secara umum minat baca mempunyai tujuan mewujudkan suatu sistem penumbuhan dan pengembangan nilai ilmu yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat, serta mengembangkan masyarakat baca (Reading society) lewat pelayanan masyarakat perpustakaan dengan penekanan pada penciptaan lingkungan baca untuk semua jenis bacaan. Di lingkungan sekolah juga demikian, dengan adanya fasilitas perpustakaan yang memadai akan menumbuhkan minat baca siswa sehingga tercipta pula masyarakat baca di lingkungan sekolah. Tujuan dari pengembangan minat baca ini antara lain untuk
o Mendorong minat dan kebiasaan membaca seluruh siswa Athalia agar tercipta masyarakat yang berbudaya membaca,
o Meningkatkan layanan perpustakaan,
o Meningkatkan kemampuan berpikir siswa,
o Meningkatkan kemampuan menulis siswa.

IV. Waktu Pelaksanaan
Lomba akan dilaksanakan pada Tanggal : 29 Januari 2013 – 22 Februari 2013.

V. Kententuan Lomba
Adapun ketentuan lomba menulis resensi novel baru dan novel terjemahan, adalah :
1. Lomba terbuka untuk semua siswa kelas VII sampai kelas XII sekolah Athalia
2. Tema: Bebas
3. Panjang naskah 5-15 halaman A4, diketik dengan font Times New Roman, 12 pt, spasi 1.5, margin 4,3,3,3. Ditulis dengan Bahasa Indonesia yang baik dan benar.
4. Satu peserta boleh menulis 2 naskah.
5. Naskah diserahkan ke perpustakaan paling lambat tanggal 22 Februari 2013.
Informasi : *. Hana Kristina Purba
*. Roslina Oktoniarlan Simbolon

VI. Hadiah :
1. Juara 1 : Piala + Sertifikat + Bingkisan (SMP & SMA)
2. Juara 2 : Piala + Sertifikat + Bingkisan (SMP & SMA)
3. Juara 3 : Piala + Sertifikat + Bingkisan (SMP & SMA)
4. 6 Pemenang Berbakat : Sertifikat + Bingkisan

VII. JURI :
1. IRAYATI TAMPUBOLON, S.S
2. EVI YUNI PURBA, S.Pd
3. JUWITA ROULY SIMANUNGKALIT, S.Pd

JANGAN LUPA YA!!!!!!🙂

Thank You,

Hana Kristina Purba
Librarian

7 Comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s