“User Education” Perpustakaan Sekolah Athalia

Diawal tahun ajaran baru, pustakawan wajib memberikan pendidikan pemakai kepada siswa baru pada saat MOS (Masa Orientasi Siswa). Kegiatan pendidikan pemakai bertujuan untuk memberikan gambaran yang jelas tentang berbagai jasa, fasilitas dan layanan yang diberikan oleh perpustakaan,, agar pemustaka mengetahui secara pasti bagaimana sebuah informasi didapat dan didayagunakan dengan cara efektif dan efisien. Adapun materi yang diberikan dalam pendidikan pemakai antara lain :

  1. Pengenalan perpustakaan
  2. Koleksi perpustakaan
  3. Layanan perpustakaan
  4. DDC
  5. OPAC
  6. Fasilitas perpustakaan
  7. Prosedur perpustakaan
  8. Program pepustakaan
  9. Penghargaan perpustakaan

 Pendidikan pemakai kelas 7 tahun ini menggunakan metode Cephalonian. Metode Cephalonian adalah tehnik untuk menyampaikan sesi induction ke audience yang besar dengan menggunakan bauran pertanyaan yang interaktif, warna dan lagu. Metode ini dikembangkan oleh Nigel Morgan dan Linda Davies (2004) di Universitas Cardiff dan sebetulnya juga mengadopsi tehnik yang digunakan saat sesi penyambutan dari sebuah paket liburan di Cephalonia, Yunani. Metode ini menggunakan pertanyaan – pertanyaan yang memicu partisipasi peserta. (Blanchet:2012, hal 165).

 Adapun persiapan yang saya buat adalah dengan mempersiapkan pertanyaan-pertanyaan yang nantinya akan diambil oleh siswa. Pertanyaan-pertanyaan tersebut saya kelompokkan kedalam beberapa kategori, diantaranya adalah :

Kategori 1 : Pengenalan perpustakaan : 3 Pertanyaan

Kategori 2 : Koleksi perpustakaan : 3 Pertanyaan

Kategori 3 : Layanan perpustakaan : 3 Pertanyaan

Kategori 4 : Pengenalan DDC : 4 Pertanyaan

Kategori 5 : OPAC : 3 pertanyaan

Kategori 6 : Fasilitas perpustakaan : 3 pertanyaan

Kategori 7 : Peraturan dan prosedur perpustakaan : 4 pertanyaan

Kategori 8 : Program perpustakaan : 2 pertanyaan

Kategori 9 : Penghargaan perpustakaan : 2 pertanyaan

Dari kategori ini, pertanyaan pertanyaan tadi di masukkan dalam amplop dengan warna yang sama, Misalnya :

Kategori 1, pertanyaan dan amplop berwarna Biru

Kategori 2, pertanyaan dan amplop berwarna orange

Kategori 3, pertanyaan dan amplop berwarna merah

Kategori 4, pertanyaan dan amplop berwarna hijau tua

Kategori 5, pertanyaan dan amplop berwarna ungu

Kategori 6, pertanyaan dan amplop berwarna kuning

Kategori 7, pertanyaan dan amplop berwarna merah muda

Kategori 8, pertanyaan dan amplop berwarna abu-abu

Kategori 9, pertanyaan dan jawabannya berwarna hijau muda

 Pustakawan diharapkan dalam menyampaikan presentasinya untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan dari masing-masing kategori harus menarik, kreatif dan imaginative, sehingga anak-anak kelas 7 tidak merasa bosan, tetapi mereka mendapatkan kelas pendidikan pemakai yang menyenangkan dan mudah dipahami.

 Dengan adanya program “Pendidikan Pemakai” dengan Metode Cephalonian ini diharapkan mampu meraih hasil yang memuaskan. Adapun hasil yang ingin diperoleh antara lain :

  1. Siswa menjadi lebih mandiri dalam belajar.
  2. Siswa mampu memahami kegiatan perpustakaan, sehingga muncul perasaan ikut memiliki dan ikut aktif terlibat dalam kegiatan yang diadakan oleh perpustakaan.
  3. Menumbuhkan kecintaan anak pada buku, sekaligus mampu menumbuhkan dan meningkatkan minat baca menjadi budaya baca.
  4. Memudahkan proses kegiatan belajar mengajar di kelas.

Pendidikan pemakai akan berdampak positif, yaitu mampu memberikan pelayanan yang memuaskan (layanan prima), terbentuknya suasana kedekatan, komunikasi yang intensif dan efektif yang informal antara pustakawan dan pemustaka. Jika demikian, maka di antara mereka akan saling membantu dan membutuhkan satu sama lain.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s