“Pustakawan Berprestasi Provinsi Banten 2013”

“Tangsel Borong Juara Pustakawan Berprestasi”

SERANG, (KB).-
Tiga pustakawan asal Kota Tangerang Selatan (Tangsel) meraih juara sebagai pustakawan berprestasi tingkat Provinsi Banten tahun 2013. Tiga pustakawan tersebut yakni Ulfa dari UIN Syarief Hidayatullah (Juara I), Lilik Istikhoriyah dari UIN Syarief Hidayatullah (Juara II), dan Hana Kristina Qurba (Sekolah Athalia).

“Semua juara pustakawan berprestasi disapu bersih dari Tangsel,” kata Kepala Badan Perpustakaan Arsip dan Daerah (BPAD) Provinsi Banten H Kurdi Matin, seusai penyerahan para juara perpustakaan umum kabupaten/kota, perpustakaan sekolah dan pustakawan berprestasi di Hotel Wisata Baru, Kamis (13/6) kemarin.

Ia mengungkapkan, ketiganya menyingkirkan tujuh pustakawan lain. Menurut dia, awalnya pendaftar pustakawan berprestasi sebanyak 12 orang, namun dua orang saat lomba tidak hadir. Dua orang tersebut, jelas dia, merupakan pustakawan asal Untirta Kota Serang.

Ia menjelaskan, para peserta diuji oleh para juri. Ia mengungkapkan, aspek yang dinilai mencakup latar belakang pendidikan kepepustakaan, iajazah, serta diklat pustakawan yang telah diikuti.

Kurdi mengatakan, sejauh ini, lomba pustakawan berprestasi ini mengingat jumlah pustakawan tergolong langka. Menurut dia, langkanya pustakawan karena faktor, antara lain gaji kecil serta anggaran perpustakaan yang kurang memadai.

Ia mengungkapkan, selain pustakawan berprestasi, BPAD Banten juga menggelar lomba perpustakaan umum kabupaten/kota dan perpustakaan sekolah. Dijelaskan, untuk lomba perpustakaan umum kabupaten/kota yakni Juara I dari Kota Tangerang, Juara II dari Kota Cilegon dan Juara III dari Kabupaten Tangerang.

Sedangkan untuk juara perpustakaan sekolah yakni SMAN 2 Tangsl, SMAN 1 Kota Serang, SMAN 1 Kabupaten Tangerang. Kurdi menjelaskan, perpustakaan umum dan sekolah dinilai dari beberapa aspek, yakni koleksi buku, sistem yag digunakan, penguasaan pengelola, pustakawan, penataan ruang, penataan koleksi, regulasi yang dibuat dan besaran anggaran. “Aspek anggaran masuk dalam item penilaian mengingat menunjukkan perhatian daerah terhadap perpustakaan,” jelasnya.
Ia menyampaikan, pemenang lomba akan menjadi perwakilan Provinsi Banten dalam lomba serupa tingkat nasional tahun 2013. (H-32)***

Note : Penulisan Margaku salah : yang ditulis Hana Kristina Qurba, seharusnya Hana Kristina Purba..
img_1254

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s