Bulan Bahasa 2013

Bulan Bahasa pada dasarnya jatuh pada bulan Oktober, tepatnya tanggal 28 Oktober. Munculnya Bulan Bahasa merupakan penghargaan atas diakuinya Bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan sesuai dengan bunyi Sumpah Pemuda “Kami putra-putri Indonesia, menjungjung bahasa persatuan, Bahasa Indonesia.

Pada Bulan Bahasa 2013 ini, Sekolah Athalia Serpong Utara Tangerang Selatan sebagai pengguna aktif bahasa Indonesia, akan memeriahkan Bulan Bahasa dengan mengadakan kegiatan. Kegiatan tersebut diwujudkan dalam acara “ Bulan Bahasa Sebagai Cerminan Generasi Bangsa yang Cerdas Berbahasa dan Berbudaya”, yang akan diadakan pada bulan Oktober 2013. Dalam kegiatan ini berbagai acara akan digelar baik melalui berbagai lomba dan unjuk kebolehan berbahasa. Hal yang lebih menarik lagi dari kegiatan ini, lomba-lomba yang diadakan mencakup bahasa Indonesia, bahasa Inggris, dan bekerjasama dengan perpustakaan.

Diharapkan  selama bulan Oktober 2013 ini, nuansa berbahasa di sekolah Athalia terlihat, bahkan bukan hanya di bulan Oktober saja, melainkan setiap hari rasa cinta terhadap bahasa semakin besar, makin tumbuh kreativitas mereka dalam berbahasa, dan akhirnya semakin mampu memuliakan Tuhan melalui bahasa.

 

Tujuan dari kegiatan ini adalah:

  1. Memperingati Sumpah Pemuda melalui kegiatan bulan Bahasa
  2. Menggali kreativitas siswa dalam seluruh aspek berbahasa (mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis) dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.
  3. Menumbuhkan rasa nasionalisme melalui tema yang ada dalam berbagai jenis lomba.
  4. Membudayakan bahasa sebagai hal penting dalam dunia pendidikan karena menjadi dasar dalam mempelajari berbagai ilmu pengetahuan.

 

Kegiatan

Bentuk Kegiatan:

  1. Pameran Buku dan Penjualan Buku

           Kerjasama dengan PT Gramedia, BPK Gunung Mulia dan Rainbow Book.

2. Lomba-lomba (antarkelas):

         a. Jenjang SMP 7- 9

           1. Bercerita dengan alat peraga (mendongeng)  secara berkelompok 5 orang (Kelas 7)

            2. Drama  (Kelas 8)

           3. Musikalisasi Puisi (Kelas 9)

           4. Spelling Bee (Kelas 7)

           5. Story Telling (Kelas 8)

Mari kita sukseskan Bulan Bahasa 2013 ini, Tuhan memberkati.. ^_^

 

2 Comments

  1. Pengakabaran adanya perayaan BULAN BAHASA 2013 sungguh sangat tepat dirayakan agar ingataan-ingatan dimasa silam tetap berakar kuat. Terlebih penetrasi terhadap budaya berbahasa Indonesia yang ampuh dimasa silam mampu menjadi dasar persatuan. Ungkapan-ungkapan para bapak bangsa yang hebat itu banyak tuangkan ke berbagai tulisan dan buku-buku. Buku dan perjuangan dalam berbangsa dan berbahasa tidak bisa pisahkan sebagai modal kemajuan. Buku ibarat kabar kematian, ia mesti disambut dengan kebahagiaan dan keberkahan,bukan sebaliknya disambut dengan penolakan dan pengingkaran (Tan Muda).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s