Program Perpustakaan Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa

Senang rasanya melihat teman-teman yang rajin menulis di blog dan diposting di vivalog. Jadi termotivasi juga untuk menulis. Perkenalkan, nama saya Hana Kristina Purba, saat ini saya bekerja di Sekolah Athalia di Serpong Utara Tangerang Selatan sebagai Pustakawan. Sebagai pustakawan sekolah, saya bertanggung jawab untuk meningkatkan minat baca siswa di sekolah Athalia, karena pada dasarnya minat baca siswa masih rendah untuk membaca. Oleh karena itu pustakawan harus kreatif dan inovatif didalam mengembangkan perpustakaan sehingga menarik untuk dikunjungi siswa. Dalam rangka meningkatkan minat baca siswa, ada beberapa program yang sudah saya jalankan di perpustakaan sekolah Athalia dan cukup menarik perhatian siswa untuk mengunjungi perpustakaan dan pastinya untuk membaca. Adapun program yang sudah saya jalan adalah sebagai berikut :

1. User Education
Karena “User Education belum pernah dilakukan di perpustakaan sekolah Athalia, maka saya memberikan user education kepada siswa mulai dari kelas VII-XII. Masing-masing kelas mendapatkan penjelasan mengenai perpustakaan selama 45 menit. Metode yang dilakukan biasanya dengan presentasi di perpustakaan atau dikelas masing-masing.
Image
2. Perpustakaan bekerjasama dengan guru bahasa Indonesia untuk mangadakan jam kunjungan perpustakaan, jadi masing-masing kelas akan mendapatkan waktu 1 kali seminggu untuk membaca di perpustakaan selama 45 menit. Selain membaca saya akan memberikan materi pengklasifikasian secara sederhana kepada siswa sehingga mereka mengerti apa itu DDC dan memudahkan mereka mencari buku di rak buku.
Image
3. Perpustakaan bekerjasama dengan panitia bulan bahasa yang diadakan setiap tanggal 28 Oktober. Perpustakaan akan bekerjasama dengan beberapa penerbit buku untuk mengadakan pameran buku.

Image

Image

Image

tidak hanya siswa saja yang membeli buku tetapi guru juga antusias untuk membeli buku.
Image
4. Memperingati Hari Buku Sedunia
untuk memperingati hari buku sedunia, perpustakaan sekolah Athalia mengadakan beberapa lomba yang diminati oleh siswa, diantaranya adalah : lomba resensi menulis novel, lomba menggambar, lomba menghias mading, lomba fotografi, dan lomba story telling. perpustakaan akan memberikan hadiah berupa piala dan sertifikat untuk siswa yang mendapatkan juara.

ImageImage

Image

5. Perpustakaan sekolah Athalia memberikan penghargaan untuk guru dan siswa dengan kategori sebagai berikut : guru terkatif meminjam buku, siswa teraktif membaca buku, siswa teraktif meminjam buku, siswa teraktif reading log, dan siswa peduli perpustakaan.

Ini adalah beberapa program yang sudah saya jalankan di perpustakaan Sekolah Athalia. untuk tahun ajaran berikutnya akan ada kejutan berupa program-program perpustakaan yang baru untuk siswa. setelah dilakukan evaluasi selama 1 tahun, program ini cukup efektif untuk menarik minat siswa untuk mengunjungi perpustakaan dan pastinya menarik minat siswa untuk membaca.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s