Dua Faktor Vital untuk Menguji Kecocokan Pekerjaan

Seberapa cocok pekerjaan anda dengan anda tergantung pada dua kunci faktor. Faktor penting yang pertama adalah keterampilan dan kemampuan yang anda gunakan untuk melakukan pekerjaan anda. Apakah pekerjaan anda melibatkan penggunaan keterampilan yang memberi sinergi pada anda, atau apakah keterampilan pekerjaan anda menguras energi anda dan menyebabkan anda merasa terlepas dari pekerjaan anda?

Faktor kedua adalah lingkungan kerja anda. lingkungan kerja anda dapat mencakup lokasi geografis, lingkungan fisik di mana anda bekerja, nilai-nilai dan misi organisasi, hubungan anda dengan rekan kerja dan mungkin yang paling penting, hubungan anda dengan atasan anda. (terkait dengan atasan seseorang, sebuah artikel terbaru dari Gallup melaporkan bahwa “di Jerman, orang tanpa pekerjaan merasa lebih baik daripada karyawan yang memiliki manager yang buruk”.) Seberapa baik lingkungan kerja anda cocok dengan anda?

Jika keterampilan yang anda gunakan dalam pekerjaan atau lingkungan kerja yang tidak cocok untuk anda, anda mungkin merasa pekerjaan menguras tenaga dan tidak memuaskan, anda mungkin merasa menemukan (seperti para pekerja di Jerman) bahwa terlepas dari pekerjaan seseorang terasa lebih buruk daripada menjadi pengangguran.

Mengidentifikasi bagian mana dari pekerjaan yang sesuai dengan anda dan faktor-faktor mana yang tidak memuaskan adalah langkah pertama untuk membuat perubahan positif. Setelah anda memiliki pemahaman yang jelas tentang apa yang ada, dan apa yang tidak cocok, anda dapat membuat beberapa perubahan agar pekerjaan anda memuaskan. Mungkin anda bisa berdiskusi dengan atasan anda tentang penyesuaian dengan tugas pekerjaan anda dan/atau lingkungan kerja yang akan membuat pekerjaan anda lebih menarik. Atau anda dapat memutuskan sudah waktunya untuk mengambil “waktu istirahat” dalam hidup dan melakukan beberapa pengujian/perencanaan karir yang lebih mendalam untuk menentukan jenis pekerjaan yang cocok untuk anda dan jenis organisasi di mana anda dapat berkembang.

Anda memiliki desain yang unik yang diberikan Tuhan yang akan unggul ketika keterampilan termotivasi dan lingkungan kerja yang cocok dengan anda. Jangan menunggu; ambil tindakan hari ini untuk mencari tahu jenis pekerjaan akan memungkinkan anda untuk menjadi pribadi sperti yang telah diciptakan oleh Tuhan dan melakukan hal yang Dia rancan untuk anda lakukan.

 

[Kevin dan Marie Brennfleck]

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s